Kala Kita Dipaksa Mengingat Mati

Berita kematian akhir-akhir ini menjadi lebih sering terdengar di kuping kita. Banyak sekali. Kita seperti dirundung berita duka, hampir setiap hari.

Kematian adalah nasihat. Kita saja yang seringkali tidak sadar sedang dinasehati. Banyak juga yang sadar sebentar, kemudian kembali lupa ditelan kesibukan duniawi. Padahal sahabat nabi Umar Bin Khatab ra bahkan mengukir cincinnya dengan tulisan :

كفى بالموت واعظا

“Cukuplah kematian menjadi nasehat.”

(Imam Abu Nu’aim dalam “Ma’rifatus Shohabah” no. 195)

Akhir-akhir ini banyak sekali nasihat itu di sekitar kita. Mulai dari Ashraf yang masih muda, ganteng dan gagah, Dirjen kementrian, Guru Besar UI, Guru Besar UGM, dokter spesialis ternama, dosen senior FISIP UI, hingga ibunda Presiden Jokowi. Ada yang wafat akibat virus Corona, ada yang karena sebab lain. Bahkan mungkin juga kabar duka datang dari keluarga, kerabat dekat, kawan karib. Mereka duluan pergi dipanggil yang Maha Kuasa.

Karena itu selain memberi ungkapan bela sungkawa dan doa, yang lebih penting adalah menyadari bahwa kabar kematian itu sebenarnya sedang menasehati kita. Bertubi-tubi sudah nasihat itu hadir. Nasihat yang tidak ada tulisan dan tidak ada ucapan. Diam seribu bahasa, namun maknanya sangat tegas dan jelas : Kematian itu pasti. Tunggu saja saatnya giliranmu wahai manusia. 

Maka, bersiaplah sebelum terputus semua amalan. Dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah saw. bersabda: “Apabila seseorang itu meninggal dunia maka terputuslah amalannya kecuali dari tiga perkara, sedekah jariah, ilmu yang bermanfaat dan anak yang soleh mendoakan untuknya.”

Mari tetap istiqomah dan berinvestasi terbaik untuk akhirat dengan memperbanyak sedekah, berbagi ilmu yang bermanfaat dan menjadikan keturunan kita anak yang soleh.

“Yang menjadikan mati dan hidup, supaya Dia menguji kamu, siapa di antara kamu yang lebih baik amalnya. Dan Dia Maha Perkasa lagi Maha Pengampun“. (QS. Al-Mulk:2)

Wallahu alam bishawab.

Hari-hari yang penuh dukacita,

Ciputat, 25 Maret 2020

H. Jojo S. Nugroho

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Start a Blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: