Magister KPI 2019 UIN Melawan Tradisi?

Setengah berlari saya bergegas menuju ruang kelas. Semangat masih seperti 20 tahunan yang lalu, saat kuliah S1 di Depok. Hanya bedanya dulu masih lincah karena berat badan masih ringan, sekarang timbangan sudah dua kali lipatnya jadi ngos-ngosan.

Sepertinya saya terlambat, karena 10 teman kelas saya sudah datang. Tapi ternyata dosen belum datang. Aman. Katanya ada miss komunikasi soal jadwal.

Hari ini adalah hari pertama saya kuliah di magister (S2) Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Rasanya belum terlambat untuk sekolah lagi. Justru momentumnya tepat sekarang, disaat semesta mendukung.

Tapi banyak yang bertanya kenapa saya melanjutkan master di UIN bukan di almamater sarjana saya di Depok. Semua sudah ditimbang-timbang, tapi Allah SWT tahu yang terbaik. Hasil istikharah mengarahkan saya justru ke kampus Islam negeri ternama ini.

Sejak ke tanah suci tahun lalu, saya berniat ingin mendalami islam dengan dasar keilmuan komunikasi. Nah karena ilmu saya masih sangat sedikit, maka perlu banget untuk belajar lagi pada ahli-ahlinya.

Yang membuat lebih semangat lagi, dosen-dosen di UIN mengajarkan keilmuannya dengan sesekali mengaitkan hadits dan ayat Qur’an. Kayak denger ceramah. Adem rasanya.

10 orang teman kuliah saya juga sebagian besar berasal dari sarjana Universitas Islam, ada yang dari Muhammadiyah, UIN Jakarta, UIN Yogya dan UIN Lampung. Mereka muda, pintar dan saleh. Meski baru kenal, kelas yang kecil membuat kita lekas akrab.

Mereka terseleksi ketat dari 26 orang yang mendaftar. Tes masuknya dengan pengajuan proposal tesis yang langsung diuji oleh para profesor dan doktor.

Kajur S2 KPI yang juga mengajar metode penelitian hari itu, Dr. Tantan Hermansah berharap dengan proposal tesis diawal, Magister KPI angkatan 2019 ini bisa menjadi percontohan, untuk bisa lulus cepat dalam 18 bulan. “Melawan tradisi para senior yang berlama-lama menyelesaikan tesis,” katanya.

Dalam hati saya mengamini, sekaligus. berdoa agar kami bersebelas bisa istiqomah menjaga semangat dan lulus cepat sesuai harapan. Insya Allah. Semoga.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: